Tadi malam pusing mau mengajikan apa untuk pengajian hari ini, kebetulan ketempatan. Rencana awal mau buat donat, tapi takut nggak sempat nguleni pagi-pagi. Mencari yang mudah dibuat dan bahannya juga tersedia. Akhirnya pilihan jatuh kepada Si Manis dari Bangka, hehe mentang-mentang asli orang Bangka jadi ngerasa manis, semanis martabak.
Resepnya yang murah meriah dan mudah, saya pakai resep martabak tanpa ragi yang sempat beredar di FB grup NCC. Awalnya saya mengira membuat martabak ini sulit dan bahannya rumit, kemudian saya beranikan mencoba membuat martabak yang resepnya simpel ini dan Alhamdulillah tidak sesulit yang saya bayangkan.
Pertama kali mencoba langsung berhasil, bersarang dan lembut. saya jadi sering membuat martabak ini untuk dibagi-bagikan ke tetangga.
Resep aslinya bisa dilihat di sini.
bahan kulit:
500 gram terigu protein sedang (saya pakai yang segitiga biru juga bisa)
750 cc air
1 butir telur
50 gram gula pasir
1 sdm garam
1 sdt soda kue
bahan isi:
coklat butir (meises)
Keju cheddar parut
SKM
cara membuat:
Campur semua bahan kecuali telur dan soda kue, aduk rata. tambahkan telur, aduk rata. Diamkan adonan hingga satu jam atau lebih.
panaskan cetakan martabak atau wajan dadar anti lengket. tambahkan soda kue ke dalam adonan, aduk hingga rata. tuang adonan ke dalam wajan, tunggu hingga berlubang (bersarang). taburkan gula pasir, kemudia tutup wajan dan masak hingga matang dengan api kecil.
angkat martabak, olesi mentega dan beri topping sesuai selera.
note: saya pernah membagi adonan menjadi dua saat hendak memanggang martabak. sebagian ditambah baking soda untuk dipanggang saat itu juga. sebagian lagi didiamkan untuk dipanggang kembali saat waktunya dah luang. sering lagi manggang martabak, anak nangis minta ngASI. pernah juga adonan yang belum ditambah baking soda, saya masukkan kulkas. besoknya saya keluarkan dan dibiarkan hingga mencapai suhu ruang. kemudian adonan ditambah baking soda dan dipanggang seperti biasa.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar